SOSIALISASI TANDA TANGAN DIGITAL

26

Nov

Post By

Ega

SOSIALISASI TANDA TANGAN DIGITAL

Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, S. H, mengadakan sosialisasi Tandatangan Digital di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo, yang bertempat di Pendopo bupati. Dalam kegiatan ini, bupati didampingi oleh Wakil Bupati, Ir. H. Yoyok Mulyadi, M.Si, Sekretaris Daerah, Drs. H. Syaifullah, M.M, dan kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo, serta Nara Sumber Sosialisasi Tandatangan Digital Tahun 2018.
Tandatangan Digital adalah tanda tangan elektronik yang digunakan untuk membuktikan keaslian identitas si pengirim dari suatu pesan atau dokumen. Adapun manfaat dari tanda tangan elektronik ini, iyalah : Kerahasiaan dapat terjaga, Integritas data akan terjamin, Lebih otentik, NIR penyangkalan. Akan mencegah identitas yang berkorespondesi untuk melakukan penyangkalan terhadap pesan yang telah ia kirimkan.
Sosialisasi tersebut bertujuan untuk mengubah sistem manual ke sistem komputerisasi sehingga pengelolaan naskah dinas dapat dilakukan dengan cepat. Salah satu diantaranya adalah dengan menerapkan Sistem TNDE di lingkungan Pemerintah Daerah. TNDE adalah suatu sistem pengelolaan
naskah dinas, yang dibangun dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang bersifat legal. Sistem TNDE Pemerintah Daerah merupakan salah satu sistem dari perkantoran elektronik di Pemerintah Kabupaten Situbondo yang dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan komputer dan Aplikasi web based yang dapat memproses data naskah dinas dalam program manajemen basis data.