Evaluasi Smart City Tahun 2024 di Denpasar Bali.



Sebagai tim delegasi dari Kabupaten Situbondo, Sekretaris dinas dan Kabid TIK Kominfo Kabupaten Situbondo beserta perwakilan dari beberapa OPD terkait hadiri acara Evaluasi Smart City Tahun 2024 di Bali pada hari Rabu, 26 Juni 2024. Sekdis Kominfo Kabupaten Situbondo yang akrab disapa mbak rosi menuturkan, sebanyak 251 kota/kabupaten se-Indonesia termasuk Kabupaten Situbondo telah mengikuti Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Periode 2017-2023.  Dimana"Hasil dari program ini adalah sebuah rencana induk pembangunan yang meliputi enam pilar kota cerdas, yaitu smart governance, smart economy, smart branding, smart society, smart living, dan smart environment". 


Dalam acara tersebut mbak Rosi (Sekdis Kominfo) didampingi oleh Kabid TIK Fery Frandana Putra, S. Kom dan beberapa pejabat beserta staff OPD terkait mempresentasikan program - program unggulan yang menjadi prioritas guna mewujudkan program Smart City yang efektif dalam meningkatkan kualitas hidup warganya dan mencapai predikat sebagai salah satu bagian Kabupaten Smart City di wilayah Indonesia. Di tempat terpisah iaitu aula Kominfo Kabupaten Situbondo,  acara tersebut juga diikuti secara online via zoom meeting oleh beberapa OPD terkait yang tidak berkesempatan untuk menghadiri secara langsung di Bali.


Dari presentasi tersebut program - program yang telah dicanangkan mendapatkan beberapa masukan dan arahan dari tim evaluasi pusat, sehingga akan menjadi poin yang sangat penting dalam penerapan nantinya. Evaluasi ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kemajuan yang telah dicapai, serta mengidentifikasi tantangan yang perlu diatasi untuk mencapai tujuan Smart City yang lebih optimal. 


"Pemerintah Kabupaten Situbondo menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini," ujarnya. Hal ini dilakukan demi mewujudkan program Smart City yang efektif dalam meningkatkan pelayanan publik dan kualitas hidup masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.


Program Smart City Kabupaten Situbondo ini mencakup berbagai aspek, diantaranya :

1. Smart Governance : Meningkatkan efisiensi dan transparansi tata kelola pemerintahan.

2. Smart Economy        : Mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

3. Smart Environment    : Melestarikan lingkungan hidup dan meningkatkan kualitas udara.

4. Smart Living       : Meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menyediakan layanan publik yang mudah diakses.

5. Smart Society       : Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kota. 


Writed by : Antox Hooligan.

Our Social Media

Kunjungi media sosial kami untuk melihat perkembangan - perkembangan informasi terkini dan teraktual seputar kabupaten Situbondo.