Libatkan peserta PKL, tim IT Kominfo Lakukan Maintenance Perangkat Komputer dan Pemasangan CCTV.



Dinas Kominfo Situbondo - Sebagai bentuk bimbingan dalam praktik dunia kerja nyata, tim IT Dinas Kominfo Situbondo libatkan peserta didik dari SMKN 1 Kendit dan SMK 1 Sukorejo. Dipimpin oleh Sdr. Iqbal Hamdani Wafi selaku pembimbing peserta Pelatihan Kerja Lapangan (PKL) melakukan beberapa kegiatan iaitu perbaikan perangkat computer dan instalasi CCTV. 


Sebanyak 5 siswa yang terbagi dalam 2 tim mendapatkan tugas melakukan penggantian harddisk pada perangkat computer resepsionis, setelah mengganti perangkat tersebut siswa melanjutkan proses instalasi system operasi windows 11 beserta aplikasi pendukung yang dibutuhkan hingga personal computer dapat difungsikan dengan baik. Ditempat berbeda peserta PKL juga melakukan instalasi CCTV yang dimulai dari pemasangan kamera, kemudian melakukan konfigurasi pada NVR (Network Video Recorder). 


Didepan peserta Sdr. Iqbql menjelaskan step by step 2 kegiatan tersebut, agar peserta didik memahami Teknik instalasi dan tahapan - tahapannya secara benar dan tepat. Dalam kegiatan tersebut dapat memberikan bekal pegetahuan kepada siswa siswi tentang bagian - bagian perangkat keras computer seperti  input output device, storage device dan masing - masing fugsinya. 


Di dinas Kominfo Situbondo peserta PKL banyak mendapatkan pelatihan bekerja secara langsung, secara sistematik dan terarah dengan supervise yang kompeten. Sehingga dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan skill bagi peserta itu sendiri. Para siswa juga dapat kesempatan untuk belajar banyak tentang dunia IT baik itu dibidang Aplikasi, Jaringan dan Multiedia. 


Tujuan daripada kegiatan PKL ini adalah memberikan pengalaman kerja langsung (real) kepada peserta didik dalam rangka menanamkan (internalize) iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membangun dan mengambangkan kepribadiannya yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai positif yang tumbuh dan diperlukan oleh masyarakat, khususnya di dunia kerja yang ditekuni. 


Dinas Kominfo Situbondo berharap dari kegiatan tesebut nantinya siswa PKL dapat mengaplikasikannya pada sekolah ataupun tempat kerja mereka nantinya.



Writed by : Diego Susanto.

Our Social Media

Kunjungi media sosial kami untuk melihat perkembangan - perkembangan informasi terkini dan teraktual seputar kabupaten Situbondo.